Story of Gretel

sumber gambar :  http://doglobby.org/wp-content/uploads/2010/05/Guide-Dog-in-Harness.jpg
Ini adalah video nyata tentang kesetiaan seorang anjing penuntun orang cacat yang selalu ingin setia menjaga tuannya hingga akhir hayatnya.
Terjemahan oleh sang penulis dengan sedikit perubahan. Video diambil dari youtube.

Berikut beberapa teks dalam video :
Bagian satu.
Gretel adalah seekor anjing penuntun yang sangat aktif dan baik. Pada tahun 1995, layanan ini dikeluarlan. Gretel telah mengabdi pada tuan Noguchi selama hampir 15 tahun. Gretel selalu menjaga Noguchi 24 jam penuh. Seperti misalnya, membangunkan Noguchi, pergi berbelanja.
...
Namun, seiring kedatangan Gretel, kehidupan Noguchi berubah.
Setiap waktu, Gretel selalu mendampinginya.
Untuk memberi bantuan.
Noguchi kemudian menjadi berinteraktif dengan orang lain.

Kehadiran Gretel bukan hanya sebagai seekor anjing, melainkan sebagai anggota keluarga.
Gretel sudah berumur 17 tahun, dimana sudah mencapai 100 tahun usia manusia.

Tanah tak bisa lagi dilewatinya, hanya tempat tidurlah naungannya.
Gretel pernah mengalami tiga kali stroke.
"Saya ingin sekali membantunya, melakukan sesuatu untuknya. Tapi apalah daya, saya tidak dapat bergerak, dan tidak dapat melakukan apa-apa..." kata Noguchi.
Sekarang, Gretel diurus oleh istri Noguchi untuk keperluan sehari-hari. Tetapi, karena istrinya juga memiliki keterbatasan tubuh, perawatan yang diberikan juga seadanya.

...

Gretel teriak cemas.
"Apa yang dia bicarakan?" tanya Noguchi.
Apakah Gretel ingin mengatakan sesuatu? Tetapi keadaannya tidak memungkinkan dia untuk mengatakannya dengan jelas. Untuk itu, kami mengundang Heidi, sang komunikator hewan yang mampu membaca pikiran hewan. Apakah Heidi dapat membaca pikirannya?

Heidi sedang konsentrasi...

Gretel menangis...
"Gretel, maafkan saya.." kata Heidi
"Matanya tidak berfungsi dengan benar. Dan dia sensitif terhadap orang asing. Jadi Ia berteriak, untuk dapat melindungi Anda. Dia tidak dapat bergerak, jadi ia hanya bisa berteriak untuk melindungi Anda."
"Ternyata untuk melindungi saya ... Terimakasih" kata Noguchi.
"Saya rasa yang dia ingin katakan adalah ada anjing penuntun yang baru yang akan menjaga Anda dan menggantikan posisinya." lanjut Heidi.



Bagian dua. 
Kemudian para kru memasukkan anjing lain dari ruang berbeda. Nama anjing tersebut adalah Marble. Setelah Gretel pensiun, Marble-lah yang akan mengambil tanggung jawab Gretel untuk merawat tuan Noguchi. Saya rasa Gretel memanggil Marble untuk memastikan bahwa orang dalam ruangan tersebut tidak membahayakan.
"Apakah mengecek semua orang? LOL." kata kru.
"Bagus, kamu melakukan hal baik." Heidi memuji Marble.

Gretel terus menerus memanggil Marble karena ia ingin menjaga Noguchi mengingat ia tidak bisa bergerak lagi.
"Saya tidak pernah berpikir bahwa Gretel selalu melakukan apapun untuk saya," kata Noguchi. "Apakah Gretel mempunyai beberapa ketidakpuasan terhadap saya karena saya tidak bisa dan tidak pernah melakukan hal terkecil pun untuk dia?"

Sekali lagi Heidi mencoba untuk berkomunikasi dengan Gretel...


"Berkebalikan dengan itu, dia mengkhawatirkan Anda... dan dia merasa sangat sedih. Dan Gretel sudah tinggal bersama Anda untuk waktu yang cukup lama. Sepertinya dia mengerti ekpresi dan emosi Anda. Dan Gretel juga mengerti tentang kesedihan, kekhawatiran dan semua yang disebabkan oleh kekurangan Anda. Semuanya... Dia bisa merasakan semua tentang Anda. Jadi, dia tidak ingin menjadi beban Anda. Dan apa yang dia katakan pada saya adalah Walaupun badannya sudah lemah sekarang, hal terpenting untuk dilakukan adalah melindungi dan tinggal di samping Anda..." jawab Heidi.
Gretel, dia pernah menjadi bagian dari tubuh Noguchi. Heidi mengatakan bahwa walaupun matanya tidak bisa melihat, dan badannya tidak dapat bergerak, itu tidak akan mengubah kesetiannya terhadap Noguchi.
"Gretel bilang ia ingin melihat wajah gembira Anda. Apakah kalian berdua menonton baseball?" tanya Heidi.
"Ada satu stadium didekat rumah yang kami tinggali dulu, kami sering pergi kesana" jawab Noguchi.
"Saya rasa apa yang dia ingin katakan pada Anda adalah bahwa Anda sangat menyukai permainan baseball. (Noguchi mengangguk). Dan dia akan menggoyangkan ekornya saat dia melihat wajah gembira Anda. Karena dia mengerti semua kepedihan, jadi ketika dia melihat wajah gembira Anda, dia juga akan sangat senang. Gretel berharap cintanya sangat kuat, dan berharap untuk kembali menjadi rekan Anda lagi. Itu saja ..." lanjut Heidi. "Dan dia mengatakan bahwa dia akan selalu dihatimu, selalu bersamamu."
"Terimakasih..."

No comments:

Post a Comment