Persiapan Mengadopsi - Cek Kesehatan

Langkah selanjutnya setelah Tes Sifat dan Bakat adalah memeriksa kebersihan dan kesehatan si anjing. Perhatikan ujung kepala sampai ujung kaki. Anjing harus terlihat lincah dan bulunya halus. Karena indikasi penyakit bisa dilihat dari rambut yang tidak halus.

Pastikan anjing benar-benar sehat, tidak membawa bibit penyakit. Sebelum sampai ke tengah keluarga, ada baiknya memeriksakan dulu kesehatan anjing ke dokter hewan. Agar begitu sampai di rumah, anjing sudah aman.

Sampai dirumah, biarkan anjing beradaptasi dengan lingkungan rumah. Anjing ditaruh di tempat yang tenang. Agar lebih familiar, ajaklah bermain setelah 2-3 jam berada dirumah.


Berikan menu bergizi kesukaannya. Meski dalam keadaan stress, anjing sehat akan menyantapnya. Namun dianjurkan, pemberian pakan dilakukan setelah 12 jam. Karena bila langsung diberi makan, pada beberapa anjing suka mogok makan. Porsi pakan secukupnya, jangan berlebih. Karena bisa menyebabkan mencret. Untuk anjing ras, dunakan dogfood, yang sudah ada takaran gizinya.

Pemberian vaksinasi minimal 1 minggu sejak dia datang. Bagi anjing anakan, bula baru datang jangan langsung dimandikan, karena bisa stress. Dan bila 'menangis', biarkan saja. Dalam 2-3 hari, akan baik kembali.

Selama berada di rumah, anjing harus dirawat dengan baik. Bagi anjing rambut panjang, tentu perawatan rutin dan ekstra. Perawatan tak hanya soal kesehatan dan penampilan, tapi juga perhatian dari tuan kepada anjingnya. Anjing pun perlu diajak bermain atau berjalan-jalan. Dengan begitu, anjing akan merasa kerasan tinggal bersama kita, dan tidak mudah stres.

Gambar : Saya buat sendiri ... 

No comments:

Post a Comment