Persiapan Mengadopsi - Tes Sifat Dan Bakat

Banyak yang mengidamkan punya anjing cerdas, pemberani namun penurut. Sementara di petshop atau kennel, sering ditemui aneka pilihan jenis anjing dengan tabiat berlainan. Supaya kita tidak salah pilih, cermati dan pahami sifat serta bakat mereka.

Bakat dan sifat anjing sudah bisa diketahui sejak berumur 7 bulan. Untuk lebih amannya sebaiknya Anda membeli anjing yang sudah berusia 10 bulan. Sebab pada usia itu karakter dan kemampuan anjing relatif gampang ditebak.

Cerdas dan Aktif. http://www.smileycodes.infoTiap jenis anjing punya tingkat kecerdasaan berbeda-beda. Bahkan meskipun trah sama, kecerdasaan anjing bisa berbeda. Umumnya trah sporting dog memiliki tingkat kecerdasan lebih baik dibandingkan dengan trah toy dog. Walau demikian, jenis atau trah yang hendak dipilih tetap harus sesuai dengan kondisi rumah. Untuk rumah kecil, kurang cocok kalau memelihara trah sporting dog yang berbadan besar.

Penting mengetahui ciri-ciri anjing berbakat. Aktifitas, kecepatan merespon rangsangan, dan ciri fisik bisa digunakan sebagai patokan saat memilih anjing. Anjing cerdas biasanya aktif bergerak. Saat berkumpul dengan kawan-kawannya, ia cenderung sering bercanda. Ia akan segera menanggapi setiap diajak bermain oleh kawannya.

Pada kasus tertentu anjing cerdas akan nampak tak aktif. Misalnya karena anakan sedang sakit. Anjing sedang sakit umumnya akan menyendiri dan menjauh dari kawan-kawannya. Jadi, harus bisa membedakan antara anjing sakit dengan anjing tak cerdas. Anjing kurang cerdas cenderung sedikit beraktivitas dalam kerumunan anjing.

Selain itu, anjing cerdas akan cepat memberikan tanggapan terhadap setiap rangsangan yang diberikan. Ia juga akan penasaran dengan benda asing yang disodorkan kepadanya. Pada saat memilih anjing, Anda bisa menggunakan bola kecil sebagai sarana untuk mengetahui tingkat responsifnya. Lemparkan bola otu ke arah kumpulan anjing. Pilih anjing yang antusias dan sigap mengejar bola tadi.

Walaupun tingkat keakuratannya tidak mencapai 100%, ciri fisik juga dapat digunakan sebagai penentu kecerdasan anjuing. Berdasarkan pengalaman, anjing dengan bola mata yang cerah biasanya punya tingkat kepintaran lebih baik daripada anjing yang berbola mata gelap. Misalnya trah herder dengan bola mata kuning cenderung lebih cerdas ketimbang herder dengan bola mata kuning tua dan cokelat.

Deteksi Emosi.http://www.smileycodes.infoBakat penurut atau galak bisa dideteksi sejak dini. Anak anjing yang bergurau dengan kawannya secara kasar menandakan punya bakan galak. Cara lain untuk mengetahui tingkat emosi anjing adalah dengan menggoyang-goyang wadah pakan ketika anjing sedang makan. Jika reaksinya langsung marah, pertanda anjing itu bertemperamen tinggi alias gampang berang.

Temperamen juga dipengaruhi situasi lingkungan sekitar. Ia menjadi mudah naik pitam jika sering digoda. Anjing terlalu dimaja juga bisa menjadi galak. Pasalnya, ia cenderung memiliki kepercayaan diri terlalu besar sehingga ugal-ugalan. Anjing macam itu jika digoda sedikit saja akan menggonggong. Jika kita tidak tanggap, ia tak segan-segan memberi gigitan kepada kita.

Ada juga yang menyimpan bakat penakut.http://www.smileycodes.infoSifat seperti ini juga bisa dikenali saat anjing masih kecil. Cara mengetahuinya, siapkan benda yang bisa mengeluarkan suara berisik. Misalnya kaleng paka. Angkat benda itu lalu jatuhkan di depan sekawanan anjing yang hendak kita pilih. Anjing penakut akan berlari mundur menjauhi kaleng. Sebaliknya, anjing pemberani dan cerdas justru akan mendekati kaleng, dengan penuh rasa penasaran. Anjing penakut butuh kasih sayang lebih. Harus sering dipegang, dibelai, dan digendong. Perlakuan seperti itu bisa menambah pede anjing itu.http://www.smileycodes.info

1 comment: