Cara Menghentikan Anjing Menggonggong


Anjing yang  menggonggong sering kali mengganggu kita dan membuat kita kesal dan kewalahan. Tapi sebenarnya, menggonggong adalah hal yang natural untuk anjing. Itu merupakan sebuah bentuk komunikasi. Ada banyak alasan kenapa anjing itu menggonggong. Dan beberapa diantaranya adalah, memberikan peringatan, bermain, gembira, ketakutan, meminta tanggapan, ataupun mengusir hewan atau benda lainnya.

Berikut ada lima tips untuk membantu Anda mengatasi anjing yang menggonggong.


  • Luruskan kelakuan anjing dan ikuti perkembangannya. Beritahu anjing Anda berhenti menggonggong dengan menggunakan nada, ekspresi, atau perbaikan fisik. Tapi jangan berhenti begitu saja! Anjing Anda bisa berhenti sesaat dan kemudian melanjutkan kembali apa yang dia lakukan. Tubuhnya relaks tetapi pikirannya masih dalam posisi waspada. Jadi bersabarlah. Tunggu sampai anjing Anda benar-benar berhenti sebelum Anda kembali ke pekerjaan Anda.
  • Tetap tenang saat menghentikan gonggongan. Anjing yang terus-menerus menggonggong memang sangat menjengkelkan, tapi Anda tidak akan bisa memperbaikinya jika Anda kesal. Hewan tidak mengikuti pemimpin yang tidak stabil. Kenyataannya, anjing Anda akan mencontoh energi negatif Anda. Jika Anda frustasi, dia juga! Dan menggonggong adalah cara yang tepat untuk melepaskan energi itu. Luangkan waktu sejenak untuk mengontrol pikiran Anda terlebih dahulu.
  • Buatlah aturan untuk menahan gonggongan. Apakah anjing Anda menyalak terus dan terus untuk tempat, orang, benda, atau situasi yang sama? Kalau begitu Anda harus bangkit dan tetapkan situasi Anda sendiri. Gunakan pikiran, badan, dan energi tenang-tegas Anda untuk membangun dinding transparan yang mana anjing Anda dilarang masuk. Lakukan dengan fokus dan niat 100%, hasilnya akan mengejutkan Anda. 
  • Hentikan gonggongan dengan menantang anjing Anda secara mental dan fisik. Gonggonan yang berlebih sering kali disebabkan oleh energi yang terpendam. Jika ini penyebabnya, solusinya sederhana : Lepaskan energi tersebut dengan cara produktif. Apakah anjing Anda jalan-jalan setiap hari? Bisakah Anda menjadikan jalan-jalan itu lebih menantang, seperti menggunakan sepeda, ransel? Bisakah Anda memberikan lebih banyak tantangan mental, seperti agility training atau permainan kepatuhan sederhana? Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan, dan pilihlah cara yang membuat Anda dan anjing kesayangan Anda merasa nyaman dan aman. 
  • Panggillah pelatih profesional untuk menghentikannya. Saat Anda membawa masuk anjing tersebut kedalaman kehidupan Anda, Anda membuat sebuah komitmen untuk memberikan apa yang dia perlukan. Cegah gonggongan tersebut, dan juga problem lainnya dengan memanggil pelatih profesional untuk membantunya mengatasi hal tersebut. 
Sumber : cesarway.com, http://www.dog-obedience-training-online.com/images/dog-barking.jpg

1 comment: