Kenapa Anjing Gemar Mencium?


Indra yang paling kuat pada anjing adalah penciuman. Penciuman lebih bisa dipercaya daripada penglihatan atau pun pendengaran. Penciuman anjing 25 kali lebih sensitif dari manusia, bahkan seekor anjing bisa menguraikan rincian dari apa yang diciumnya. Misalnya kita membawa mie goreng, anjing kita dapat menguraikan apa yang ada di mie goreng itu dengan lengkap: bau mie, bau minyak goreng, bau bawang putih, dan lain-lain. Ketika anakan anjing baru lahir dan masih tertutup matanya, ia mengikuti aroma induknya dan susu pada induknya.

Kenapa anjing suka menciumi bagian belakang (anus) dari anjing lainnya?
Dengan menciumi anus dari anjing lainnya, anjing itu mendapatkan banyak info seperti apa yang baru dimakan oleh anjing yang baru ditemui ini, tingkat energi yang seberapa besar, keadaan kesehatan anjing (apakah sakit atau sehat), jenis kelamin, dan lain-lain. Anjing yang terlatih secara sosial (sudah biasa dengan anjing lain) biasanya akan diam saja sampai anjing yang di belakang sana selesai mencium aromanya. Kalau ada anjing yang ketika diciumi menghindar atau menggeram, biasanya anjing ini belum bersosial atau mempunyai jiwa bertarung yang kuat dan tidak suka berkawan.

Kenapa harus mencium anus, kenapa tidak di tempat lain seperti muka atau badan?
Selain menciumi anus anjing lain, anjing juga menciumi sekitar anus anjing yang disebut anal gland (2 kantong cairan) di jam 4 dan di jam 8 pada anus. Biasanya kalau anjing dalam keadaan tertekan, stress, takut, secara naluri anal gland ini terbuka dan mengeluarkan semacam aroma. Dan ketika anjing lain mencium aroma ini, biasanya anjing tersebut menjadi waspada, siaga, malah anjing yang lain (yang penakut) ketika mendapati aroma ini pada anjing yang diciuminya langsung lari mencari selamat. Itu sebabnya kalau kita bawa anjing ke tempat dokter hewan kalau banyak pasien anjing yang sedang ditangani oleh dokter, dan anjing kita mencium aroma anal gland anjing yang sedang stress akan segera menjadi gelisah dan ingin kabur.

Kenapa anjing kita suka menciumi tanah ketika bertemu dengan anjing lain?
Ahli anjing banyak memberi kesaksian bahwa menciumi tanah juga dapat menenangkan diri pada anjing. Perhatikan jika seekor anjing bertemu dengan anjing yang lain, anjing itu akan menciumi tanah di sekeliling/sekitarnya seperti dia kehilangan sesuatu.

Bagaimana caranya berkenalan dengan anjing?
Pertama ulurkan tangan kita pelan-pelan dengan telapak tangan mengarah ke bawah tanda pasif, atau tidak memulai konfrontasi dari kita. Anjing segera mengambil kesempatan untuk menciumi tangan kita yang bagian atas. Selama proses dicium, jangan memandang langsung mata anjing dan biarkan proses itu selesai. Di larang keras untuk menarik tangan kita kalau proses itu belum selesai. Dua hal bisa terjadi kalau proses penciuman/perkenalan belum selesai: anjing segera mundur dan mengambil kesimpulan kita adalah lawan, atau langsung gigit tangan kita karena kaget. Setelah anjing itu selesai menciumi tangan kita, dia akan mengambil kesimpulan: kalau kawan, tingkat siaganya menurun dan mulai ramah walau pun ada anjing yang masih menyimpan curiga. Kalau mau berkawan biasanya dia akan menggoyangkan ekornya. Kalau anjing itu mengambil kesimpulan kita adalah lawan, dia akan menggeram sebagai tandanya (anjing biasanya sangat sportif, beri tanda dulu sebelum menyerang). Pastikan kita mundur/berdiam diri dan tidak masuk teritori anjing tersebut, atau pemilik anjing akan segera mengamankan anjing itu.

No comments:

Post a Comment