Jamuran pada Anjing

Kalau anjing Anda positif jamuran, biasanya dokter memberikan obat griseofulvin atau itraconazole.

Selain itu bisa dimandikan dengan menggunakan shampoo anti fungal secara teratur, atau direndam di larutan sulfur khusus, dapat juga menggunakan JF Sulfur. Ini juga biasa dilakukan di salon-salon atau petshop-pet shop-pet shop, ataupun Rumah Sakit hewan, disebut mandi jamur. Apabila Anda tahu bagaimana caranya, Anda dapat memandikannya sendiri.

Yang perlu diingat, pada saat kita memandikan anjing, anjingnya harus dikeringkan benar-benar, kalau perlu gunakan blower khusus! Karena apabila kulit anjing lembab, jamur kulitnya akan semakin menyebar.

Dapat juga direndam dalam larutan sulfur khusus, dan kalau hal ini dilakukan, jangan lupa didiamkan kira-kira 10 menit sebelum dibilas lagi. Dan tentu saja, harus dikeringkan sampai benar-benar kering.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memandikan anjing:
  • Mandikan anjing pada saat ada matahari, jangan terlalu pagi, jangan juga terlalu sore.
  • Sediakan ember besar yang dapat menampung air dan muat untuk anjing Anda (kalau di Petshop atau di RS Hewan mereka punya tempat khusus untuk memandikan dan merendam anjing, dan ada selang yang dihubungin dengan cairan sulfurnya.)
  • Mandikan anjing menggunakan shampoo anti fungal (tersedia di petshop),bilas sampe bersih
  • Isi ember sampai kira-kira setengah tinggi badan anjing Anda, campurkan cairan sulfur itu.
  • Masukkan anjing Anda ke dalam ember, guyurkan cairan tersebut dengan menggunakan gayung ± 10 menit sampai semua bagian kena cairan itu.
  • Hati-hati! Jangan sampai cairan masuk kuping, terkena mata, masuk ke hidung atau terminum. Jangan mengguyur langsung ke kepalanya, tapi bisa diusap-usap menggunakan washlap..
  • Jemur anjing Anda ± 10 menit. Perlu diperhatikan, apabila matahari terlalu panas, jangan jemur anjing dibawah matahari langsung!
  • Bilas anjing Anda sampai bersih.
  • Keringkan secara menyeluruh, jangan sampai ada bagian yang masih lembab, bisa pake blower khusus.
  • Tutup lubang telinganya dengan kapas, supaya air tidak masuk ke dalam telinga, karena bisa menyebabkan peradangan yang disebut otitis.
Dengan diberikannya obat itu tidak bisa seketika langsung bereaksi. Penyembuhannya butuh proses. Bila masih tetap sama, mungkin bukan “belum sembuh”, tetapi sedang dalam proses persembuhan. Ditunggu saja, sambil tetap rutin memberikan obatnya kepada anjing Anda. Pasti nanti akan ada perbedaan sebelum dan sesudah pengobatan.

Kalau anjing Anda sampai tidak mau makan, mungkin dia stres karena gatal jamur. Berikan penambah nafsu makan. Karena apabila dia tetap tidak mau makan, maka pertahanan tubuhnya menurun, sehingga jamurnya malah akan semakin hebat.

Untuk pencegahan, Anda dapat memakai berbagai macam produk yang dijual di petshop-petshop, seperti 'Jamu K&J', dll.

Peringatan!!! Jamur kemungkinan dapat menular ke manusia!

1 comment:

  1. Berbagi informasi:
    http://kutudanjamur.blogspot.com/2011/08/jamu-k-kemasan-kecil-dengan-standing.html

    Penuntas Jamur dan Iritasi Kulit, herbal alami, tanpa bahan kimia.

    Solusi Aman utk gatal, rontok, scabies, demodex, jamur, dan parasit lainnya.

    Aman dan Baik bila terjilat termasuk Anakan, Indukan, Hamil ataupun sedang Menyusui

    fb: antitick.spray (obat semprot pembasmi kutu)
    twitter: kutudanjamur
    web: www.kutudanjamur.com

    ReplyDelete