Persiapan Mengadopsi - Jenis dan Postur

Beberapa pertimbangan itu mutlak diperlukan agar tak salah memilih. Kalau kita salah memilih, akan menyebabkan ketidaknyamnan bagi hewan itu dan pemiliknya. Lambat laun bisa mengakibatkan ketidakharmonisan dan akan menurunkan kualitas hidup si anjing maupun tuannya. Padahal salah satu tujuan memelihara hewan adalah meningkatkan kualitas hidup.

Menurut Drh. Christian Bernard di Jakarta, ada beberapa pertimbangan ketika membeli anjing. Yaitu jenis dan ukuran hewan, jumlah hwan, keamanan bagi peemilik, estetika, tempat hidup hewan, dan biaya pemeliharaan kesehatan hewan.
"Jenis dan ukuran hewan penting disesuaikan dengan kemampuan calon penerima. Misalnya anjing ras pitbull sebaiknya dipelihara oleh hobiis bertenaga besar dan senang berolahraga. Sebab hewan ini mempunyai tenaga besar dan cenderung aktif,"
Jumlah hewan yang akan dipelihara juga harus disesuaikan dengan waktu senggang kita.

Sebelum memutuskan membeli anjing, kita harus mencari tahu apakah anjing tertentu aman dipelihara. Semisal anjing Rottweiler tidak disarankan bagi hobiis yang mempunyai anak kecil. Karena anjing ini kurang bersahabat dan tenaganya terlalu besar untuk anak-anak sehingga dikhawatirkan dapat mencelakakan si buah hati.

Kalau kita menginginkan anjing ras tertentu, cari tahu dulu tentang anjing ras itu.
Jangan sampai kita tertipu. Karena tidak jarang ada pedagang yang tidak jujur. Lain halnya bila kita mendapatkan anjing dari sahabat. Segala hal tentang seluk beluk anjing yang hendak kita pelihara, tentu sudah diketahui secara pasti.

Selain itu, tempat juga harus dipikirkan. Untuk anjing ukuran besar, tentu perlu tempat yang lebih besar. Entah untuk bermainmainataupun kandanghttp://www.smileycodes.info. Lain halnya dengan ras kecil yang tidak membutuhkan tempat yang luas.


Perlu juga diketahui biaya pemeliharaan perbulannya. Sebaiknya disesuaikan dengan isi kantong, hingga hewan itu dapat hidup layak dan pemilik tidak terbebani. Sebagai contoh, anjing jenis Golden Retriever yang beratnya 35kg, membutuhkan sekitar 8kg petfood perbulan, vaksin lengkap, obat cacing(per 3 bulan), sampo dan perawatan lainnya.

1 comment:

  1. Apa bisa beri info mengenai calon adopter? Ada Husky jantan 4thn, sudah ngga bisa rawat di rumah, karena ada bayi :(
    Thanks, infonya.

    ReplyDelete