Pentingnya Vaksin



Pada dasarnya semua anjing membutuhkan vaksinasi, baik anjing ras, anjing kampung, ataupun anjing blasteran/campuran. Hal itu karena vaksinasi merupakan tindakan untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit starategis pada anjing. Pemberian vaksinasi terbukti efektif menurunkan terjadinya penyakit tertentu pada anjing.

Adanya anggapan bahwa anjing kampung tidak perlu diberi vaksin sebenarnya kurang tepat. Hal itu karena penyakit-penyakit strategis tersebut tetap dapat menyerang semua anjing. Penyakit tersebut bisa mengakibatkan infeksi yang bersifat fatal bagi anjing kesayangan.

Ada 6 penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi, yaitu distemper, parvovirus, leptospirosis, infectious canine hepatitis, kennel cough, dan rabies. Leptospirsosis dan rabies bersifat zoonosis yang dapat menular kepada tubuh manusia. Anak anjing bisa mendapat vaksinasi terhadap penyakit-penyakit tersebut secara bertahap sesuai dengan umurnya.

Dengan vaksinasi yang baik maka kemungkinan anjing kesayangan tidak teringeksi oleh penyakit semakin menipis. Ditungjan dengan pemeliharaan yang baik maka kesehatan anjing akan lebih terjamin selama hidupnya.


Anjing berumur dua bulan mulai mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi ini hanya diberikan pada anjing yang sehat. Ada beberapa tahapan vaksinasi pada anjing sebelum menerima vaksinasi secara lengkap yang diulang satu tahun sekali.

Umur anjing dan Jenis Vaksinasi 
6 minggu : Parvo/Distemper
9 minggu : Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Adenovirus tipe 2 dan Leptospirosis
12 minggu : Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatotos, Adenovirus tipe 2 dan Leptospirosis
4 bulan : Rabies
1 tahun dan tiap tahun : Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatotos, Adenovirus tipe 2, Leptospirosis, dan Rabies

sumber : indodogs,
sumber gambar :
http://myphillipsanimalhospital.com/yahoo_site_admin/assets/images/dogvaccins.34480430.jpg
http://dogaware.com/Graphics/VaccinateBulldog.jpg

No comments:

Post a Comment