Keracunan Coklat Pada Anjing


Anjing dikenal memakan apapun ketika mereka tidak seharusnya memakannya. Ini sangat benar apalagi untuk puppy. Dan juga, anjing mempunyai penciuman tajam, yang membuatnya mudah untuk mencari tempat sembunyi rahasia untuk coklat. Ini bisa menjadi kombinasi berbahaya saat ada coklat disekitar rumah.

Coklat berasal dari biji Theobroma cacao, yang mengandung beberapa unsur yang dapat menjadi racun untuk hewan: kafein dan theobromine. Jika disatukan, dua bahan ini juga dapat membuat penyakit komplikasi dan bisa berakibat fatal pada anjing Anda.

Gejala dan Tanda-tanda 

  • Muntah
  • Diare
  • Suhu badan meningkat
  • Respon refleks meningkat
  • Bernafas dengan cepat
  • Detak jantung meningkat
  • Tekanan darah rendah
  • Tanda yang lebih lanjut (kelemahan, coma)


Jumlah dan tipe coklat yang dikonsumsi sangat penting, mereka berpengaruh pada faktor keparahan racun. Tiga tipe coklat yang harus dihindari :

  1. Milk Chocolate
  2. Semi-sweet Chocolate
  3. Baking Chocolate – coklat tipe ini memiliki kandungan kafein dan theobromine tertinggi. 2,1 ons baking chocolate dapat menjadi racun untuk anjing 20-pound (atau 0.3 ons per pound dari berat badan)

Penyebab
Untuk komposisi yang benar, coklat bisa menjadi racun untuk segala jenis anjing. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makanan apapun pada anjing Anda yang mungkin mengandung coklat dan selalu jauhkan dari jangkauan.

Diagnosa
Dokter hewan Anda akan memeriksa kesehatan fisik komplit, termasuk kandungan darah, pemeriksaan urin. Test ini akan membantu mengetahui jika ada coklat / kafein yang berlebihan.
Darah juga bisa diambil untuk tes kandungan theobromine, sementara ECG digunakan untuk membantu menentukan jika jantung menunjukkan ketidaknormalan pada ritme dan detak jantung.

Penyembuhan
Anjing Anda harus dibawa langsung ke dokter hewan, tapi Anda akan memanggil dokter hewan Anda terlebih dahulu untuk sewaktu-waktu jika ada pertolongan pertama yang harus Anda lakukan. Itu adalah latihan umum untuk. Berarti, Anda akan harus menjaga anjing Anda tetap sejuk, tenang, dan berada di tempat sunyi.

Pencegahan
Sangat penting untuk menjauhkan produk coklat untuk anjing Anda, dikarenakan tidak adanya antidot untuk keracunan coklat.

Source : Petmd.com

No comments:

Post a Comment