How Could You? by Jim Willis

Ini adalah cerita yang ditulis oleh Jim Willis dalam bukunya berjudul Pieces of My Heart — Writings Inspired By Animals and Nature. Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh anjing-indonesia.blogspot.com dengan bantuan Google Translate. Sebuah cerita yang sangat mengharukan dan sebagian anjing Anda pasti mengalami hal ini. Silahkan menyimak...

Ketika aku masih kecil, aku menghiburmu dengan kejenakaanku dan membuatmu tertawa. Kau memanggilku sebagai anakmu dan walaupun banyak sepatu yang kukunyah dan banyak bantal yang kuhancurkan, tapi justru itulah caraku menjadi teman terbaikmu. Kapanpun aku "buruk," kau akan mengarahkan jari Anda padaku dan bertanya "How Could You?" - Tetapi kemudian kau akan mengalah dan mengusap-usap perutku.

Pelatihan rumahku sedikit lebih lama dari yang dipikirkan, karena kau sangat sibuk, tapi kita bekerjasama. Aku ingat malam-malam tidur disampingmu, mendengarkan curhatan dan mimpi rahasiamu, dan aku percaya bahwa hidup tidak akan lebih sempurna. Kita pergi untuk berjalan-jalan dan berlari di taman, naik mobil, membeli es krim (aku hanya punya kerucutnya karena kau bilang "Es krim tidak baik untuk anjing,"), dan aku tidur lama di bawah sinar matahari sambil menunggumu untuk pulang pada malam hari.

Secara perlahan, kau mulai menghabiskan lebih banyak waktu di pekerjaan dan karir, dan lebih banyak waktu mencari pasangan manusia. Aku menunggumu dengan sabar, menghiburmu saat patah hati dan kekecewaan, tidak pernah mencacimu tentang keputusan yang buruk, dan lompat gembira saat kau pulang, dan juga ketika kau jatuh cinta.

Dia, sekarang istri Anda, bukan "penyayang anjing" - aku masih menyambut dia ke rumah kita, mencoba untuk menunjukkan kasih sayang, dan mematuhinya. Aku senang karena kau senang. Lalu bayi manusia lahir dan aku berbagi kegembiraan denganmu. Aku terpesona dengan warna bayi itu, bagaimana bau mereka, dan aku ingin menjadi ibunya juga. Hanya kau dan dia yang khawatir bahwa aku akan menyakiti mereka, dan aku menghabiskan sebagian besar waktu di ruangan lain, atau bisa dibilang ke kandang anjing. Oh, betapa aku ingin mencintai mereka, tapi aku menjadi "tawanan cinta."

Ketika mereka mulai tumbuh, aku menjadi teman mereka. Mereka berpegang teguh pada bulu saya dan menarik diri di kaki yang masih gemetaran, menyentuh mataku, menyelidiki telingaku dan memberiku ciuman di hidungku. Aku menyukai segalanya tentang mereka, terutama sentuhan mereka - karena sentuhanmu sekarang begitu jarang - dan aku akan melindungi mereka dengan nyawaku jika perlu.

Aku akan menyelinap ke tempat tidur mereka dan mendengarkan kekhawatiran dan mimpi mereka. Bersama-sama kami menunggu suara mobilmu di jalan masuk. Pernah beberapa kali, saat orang bertanya apakah kau punya anjing, kau memberikan fotoku dari dompetmu dan memberitahu mereka cerita tentangku. Beberapa tahun terakhir ini, kau hanya menjawab "ya" dan mengubah pembicaraan. Aku telah berubah dari anjingmu ke "hanya seekor anjing," dan kau membenci setiap biaya yang harus dikeluarkan untukku

Sekarang kau memiliki pekerjaan baru di kota lain dan kalian akan pindah ke sebuah apartemen yang tidak memperbolehkan adanya hewan peliharaan. Kau telah membuat keputusan yang tepat untuk "keluarga," tapi ada suatu ketika saat aku adalah satu-satunya keluargamu.

Aku sangat senang dengan perjalanan mobil sampai kita tiba di tempat penampungan hewan. Tempat ini berbau anjing, kucing, ketakutan, dan keputusasaan. Kau mengisi formulir dan berkata "Saya tahu Anda akan menemukan rumah yang baik untuknya." Mereka mengangkat bahu dan memberimu pandangan cukup sedih. Mereka memahami kenyataan yang dihadapi anjing setengah baya atau kucing, bahkan satu yang "kertas(bersertifikat)."

Kau harus meleraikan jari-jari anakmu dari kalungku sebab dia berteriak "Tidak, Pa! Tolong jangan biarkan mereka mengambil anjingku!" Dan aku khawatir padanya dan pelajaran yang baru saja kau ajar tentang persahabatan dan kesetiaan, tentang cinta dan tanggung jawab, dan tentang menghargai semua kehidupan. Kau mengelusku di bagian kepala sebagai tanda selamat tinggal, menghindari tatapan mataku, dan dengan sopan menolak mengambil kalung dan taliku bersamamu. Kau memiliki urusan untuk ditemui, dan sekarang akupun juga.

Setelah kau pergi, dua wanita baik berkata kau mungkin tahu tentang kepindahanmu beberapa bulan lalu dan tidak berusaha untuk menemukan rumah yang baik untukku. Mereka menggelengkan kepala dan bertanya, "How Could You?"

Mereka merupakan pertanda bagi kita di tempat penampungan bahwa jadwal sibuk mereka memungkinkan. Mereka memberi kami makan tentu saja, tapi aku kehilangan nafsu makan beberapa hari lalu. Pada awalnya, setiap kali orang lewat di kandangku, aku bergegas ke depan, berharap itu adalah kau - bahwa kau telah berubah pikiran - bahwa ini semua adalah mimpi buruk ... atau aku berharap itu setidaknya akan ada seseorang yang peduli, siapa pun yang mungkin menyelamatkanku. Ketika aku sadar aku tidak bisa bersaing dengan bermain-main untuk menjadi anak anjing yang bahagia, menyadari nasib mereka sendiri, aku mundur ke sudut jauh dan menunggu.

Aku mendengar langkah kakinya ketika dia datang untukku di malam hari dan berjalan dibelakangnya sepanjang lorong ke sebuah ruangan yang terpisah. Sebuah ruangan yang tenang. Dia meletakkanku di atas meja, mengusap telingaku dan mengatakan padaku untuk tidak khawatir. Jantungku berdebar, apa yang akan terjadi, tapi ada juga rasa lega. Para tahanan cinta telah terbebas. Seperti sifat alamku, aku lebih peduli tentang dia. Beban yang ia tanggung sangat berat dan aku tahu itu, seperti aku mengetahui setiap suasana hatimu.

Dengan lembut ia meletakkan tornquet di kaki depanku, air mata jatuh dikedua pipinya. Aku menjilat tangannya seperti caraku menghiburmu dulu. Dia dengan cepat menancapkan jarum suntik ke pembuluh darahku. Saat aku merasakan sengatan dan cairan dingin mengalir melalui tubuhku, aku mengantuk dan berbaring, menatap mata lembutnya dan bergumam "How Could You?"

Mungkin karena dia mengerti maksudku, dia berkata "Maafkan aku." Dia memelukku dan buru-buru menjelaskan bahwa itu tugasnya untuk memastikan aku pergi ke tempat yang lebih baik, dimana aku tidak akan diabaikan, dilecehkan, ditinggalkan, ataupun harus menjaga diri sendiri - tempat cinta dan cahaya ini sangat berbeda dengan duniawi. Dengan energi terakhirku, aku mencoba untuk menyampaikan kepadanya dengan goyangan ekor bahwa "How Could You?" yang tadi bukan dimaksudkan untuknya. Itu adalah kamu, Majikan Kesayanganku, yang sedang kumaksudkan. Aku akan terus memikirkanmu dan menunggumu selamanya.

Semoga setiap orang yang ada dalam kehidupanmu terus memberikan kesetiaan ...

No comments:

Post a Comment