Masalah Makan Pada Anjing

Problem yang sering ditemukan pada penggemar anjing ras adalah nafsu makan. Padahal, sebelum anjing tersebut dibeli atau diperlihara nafsunya sangat baik dan tinggi. Namun, setelah beberapa hari diperlihara, nafsu makan mulai menurun atau anjing cepat bosan dengan makanan rutinnya. Pemilik anjing bingung dengan membelikan dogfood merek lain atau mencoba makanan lain. Pagi hari diberi mau, sore harinya sudah tidak mau lagi. Pertanyaannya apakah dogfood harus diganti-ganti setiap kali makan? Kalau sudah begini, pertumbuhan anjing akan terganggu, badan mulai kurus, stamina berkurang, dan akhirnya terserang penyakit.

Penyebab nafsu makan berkurang

  1. Anjing dipelihara sendiri, tidak punya teman sehingga tidak ada saingan.
  2. Anjing yang baru tiba di rumah baru langsung diberi makan.
  3. Anjing mempunyai masalah dengan perncernaan, seperti cacingan, kembung, atau maag.
  4. Anjing masih dalam kondisi sakit atau stress. 
  5. Anjing terlalu dimanja.
  6. Anjing terlalu sering diberi cemilan atau kudapan.
  7. Jadwal dan porsi makan tidak teratur.
  8. Aktivitas berkurang. 
 Langkah praktis

  1. Pelihara lebih dari 1 ekor anjing sehingga ada teman untuk bermain dan saling berkompetensi. Semua anjing harus makan bersama-sama sehingga membuat anjing takut anjing lain akan merampas makanannya. Anjing akan berlomba untuk menghabiskan makannya.
  2. Jangan memberi makan dalam waktu minimum 6 jam pada saat anjing baru tiba di rumah.
  3. Berikan obat cacing secara berkala.
  4.  Jika anjing dalam kondisi sakit atau stress. Usahakan anjing disembuhkan secara total. Selama sakit, anjing diberi makan vitamin khusus penambah nafsu makan. 
  5. Jangan terlalu memanjakan anjing. Beri anjing jadwal puasa sehari setiap minggu. Jangan member makan dalam satu hari. Anjing cukup diberi air minum.
  6. Hentikan pemberian cemilan atau kudapan. Jangan terlalu memperkenalkan rasa pada anjing karena akan mengurangi selera makan jika diberi dogfood kering. 
  7. Buat jadwal makan secara teratur. Untuk anjing anakan sampai umur 3 bulan diberi makan 4 kali sehari dengan jarak waktu 4-5jam. Untuk anjing diatas umur 3 bulan, makan diberikan sebanyak 3 kali dengan jarak waktu 6-7jam. Unutk anjing diatas 6 bulan, makannya 2 kali dengan jarak waktu 12 jam. Berikan waktu sekitar 20 menit untuk anjing yang menghabiskan makanannya. Jika belum habis setelah 20 menit, segera angkat dan jangan berikan lagi sampai jadwal makan berikutya.
  8. Ajak anjing berolahraga secara teratur 1 jam sebelum jadwal makan. 
Cara memulihkan nafsu makan 

  1. Hari ke 1. Anjing dipuasakan. Jangan diberi makan dalam waktu 24 jam. 
  2. Hari ke 2-4. Berikan anjing makan dengan porsi ¼ dari porsi makan biasa. Beri waktu 20 menit, jika tidak habis segera diangkat.
  3. Hari ke 5-6. Bila hari ke 2-4 anjing sudah menghabiskan porsi makannya, porsi makan boleh ditambah ¼ porsi lagi. Jika tidak, tetap diberi ¼ porsi.
  4. Hari ke 7. Anjing dipuasakan lagi.
  5. Hari ke 8-13. Tambah porsi makan hingga ¾ porsi makan seharusnya. 
  6. Hari ke 14. Anjing dipuasakan lagi. 
  7. Hari ke 15. Berikan makan dengan 1 porsi, selanjutnya tiap hari ke 7 anjing dipuasakan.
sumber: anjingkita.com

1 comment:

  1. anjing saya makannya terlalu cepat, dan saya gk tau porsi makan dia sehari berapa kali ya? karna setiap hari saya kasih dia makan 4x sehari, pagi dan sore makannya normal 1mangkuk penuh, dan siang malam sepertiga mangkuk, tapi anjing saya tetap saja kurus, dia umur 4 bulan..
    thanks..

    ReplyDelete